Rabu, 21 Februari 2018

Jenis -jenis budaya di indonesia

6 Macam keragaman budaya di indonesia

Jenis Keberagaman Budaya Di Indonesia - Kita memiliki budaya yang beranekaragam, budaya tersebut tercermin di dalam bahasa daerah, kesenian daerah, lagu daerah, tarian daerah, rumah adat, senjata khas, alat musik tradisional, dan berbagai kegiatan lainya yang bernilai seni. agar pemahaman kita lebih mendalam tentang keanekaragaman budaya,berikut akan dibahas secara rinci.
a. Bahasa Indonesia
Bahasa indonesia adalah bahasa nasional dan bahasa persatuan. selain bahasa indonesia, kita juga memiliki banyak bahasa daerah. setiap provinsi atau kabupaten mempunyai bahasa daerah sendiri. banyak bahasa daerah yang menjadi sumber bahasa indonesia.
Di indonesia terdapat lebih dari 660 bahasa yang digunakan oleh penduduk indonesia. di papua terdapat sekitar 250 bahasa daerah yang digunakan sehari-hari. di maluku terdapat sekitar 233 bahasa daerah dan di sulawesi ada sekitar 105 bahasa daerah. di kalimantan terdapat 77 bahasa daerah dn ada 53 bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat busa tenggara barat. adapun di sumatra terdapat 38 bahasa daerah serta 9 bahasa daerah di jawa dan bali.
Beberapa bahasa daerah yang kita kenal misalnya bahasa batak, bahasa jawa, bahasa makasar, bahasa papua, bahasa sasak. bahasa samawa, bahasa bali, bahasa madura, bahasa banjar, bahasa sunda, bahasa bugis, bahasa betawi, dan bahasa inangkabau, cermatilah bahasa di daerahmu, terutama kata-kata yang hampir sama dengan bahasa indonesia!
Contoh bahasa daerah yang diserap ke dalam bahasa indonesia misalnya, agung, adem, tonton, dan rit yang berasal dari bahasa jawa. akang dan angklung berasal dari bahasa betawi / jakarta.agun ( agunan ) berasal dari bahasa minangkabau dan lain-lain.

b. Kesenian Daerah
Kesenian daerah dapat berupa tarian, lagu, atau drama. berikut adalah tabel tarian dan lagu daerah di indonesia. Kesenian daerah adalah segala bentuk karya seni yang berciri khas daerah tertentu. apa saja yang termasuk kesenian daerah ? hampir semua daerah di indonesia memiiki kesenian khas, kesenian daerah itu biasanya dijadikan sebagai hiburan masyarakat, pengiring dalam upacara adaat, dan pertunjukan umum.

c. Pakaian adat
Pakaian adat merupakan salah satu unsur keragamaan budaya. amatilah baik-baik pakaiana adat yaang tampak di bawah ini! kita akan melihat beragamnya pakaian adat yang indonesia punyai. biasanya, pakaian adat pria terdiri atas tutup kepala, baju, dan hiasan-hiasan. sedangkan pakaian adat wanita terdiri atas baju kebaya, penutup kepala dan hiasan-hiasan. pakaian adat setiap daerah berbeda-beda, namun di beberapa daerah, sering ada kemiripan. misalnya, untuk wanita, menggunakan kain dan kebaya. hanya hiasan atau perlengkapanya saja yang berbeda. nah, coba perhatikan pakaian adat dari berbagai daerah di nawah ini! dapatkah kita melihat kemiripannya?


d. Senjata Tradisional
Selain pakaian adat berbagai jenis, indonesia juga memiliki beragam senjata tradisional. mungkin ada yang jenisnya sama, tapi namanya berbeda.apakah nama senjata tradisional di provinsi sobat?
Beberapa nama senjata khas daerah, misalnya kujang dari jawa barat, rencong dari aceh, keris dari jawa tengah/yogyakarta, badik dari sulawesi selatan, piso surit dari sumatra utara, celurit dari jawa timur/madura, karih dari sumatra barat, mandau dari kalimantan barat, trisula dari suatra selatan, pedang jenawi dari riau, pela/pokek dari sumbawa,golok dari jakarta dan lain-lain. Senjata tradisional ini sering dikenakan saat memakai baju adat.

e. Alat Musik
Alat musik tradisional indonesia merupakan salah satu hsil karya seni kita. sebagian besar daerah di indonesia memiliki alat musik tradisional. alat-alat musik tersebut ada yang terbuat dari kayu, bambu,logam,kulit binatang yan kawan dan masih banyak yang lainya. Beberapa contoh alat musik daerah misalnya kolitang, talempong, kecapi, gamelan, sasando, tifa, rebana, gendang,angklung, dan suling.sobat pernah lihat ngak alat musik yang admin sebutkan tadi. disamping itu masih banyak alat musik tradisional yang belum dicantumkan disini.buatlah daftar alat musik daerah di indonesia sebanyak-banyaknya.

f. Rumah adat
Rumah adat adalah rumah asli penduduk atau masyarakat suatu daerah.hampir semua daerah di indonesia memiliki rumah adat. sayangnya, rumah adat saat ini jarang di jumpai, bahkan di daerah aslinya. jika ingin tahu seperti ap bentuk rumh adat di indonesia. sobat bisa melihatnya fi Taman Mini Indonesia Indah.


Sikap Menghormati Budaya Indonesia

Kita  telah mengetahui bahwa indonesia memiliki keanekaragaman budaya,keanekaragaman budaya merupakan cermin dari banyaknya suku bangsa dan budaya yang terdapat di indonesia. budaya ini meliputi adat istiadat, bahasa, serta kesenian daerah, misalnya tarian, naynyian, upacara adat, senjata khas, rumah adat, dan lain-lain
Kegiatan budaya ini merupakan kekayaaan bangsa indonesia. kita harus bangga memiliki budaya dan budaya suku-suku  yang beragam.Mengapa ? budaya-budaya suku bangsa juga merupakan bagian dari budaya bangsa kita. budaya nasional kita akan berkembang apabila budaya daerah juga berkembang.budaya daerah merupakan sumber budaya nasional.
Perbedaan suku dan budaya sebaiknya tidak menjadi bahan perselisian dan pertentangan. kita harus menghormati budaya daerah lain.

Cara Menghormati budaya daerah lain

Menghormati budaya daerah lain bisa diwujutkan melalui sikap sebagai beriku sob
- Tidak menonjolkan budaya sendiri.
- Tidak menjelek-jelekan budaya orang lain.
- Mau menikmati pertunjukan budaya daerah lain.
- Mau belajar budayaa daerah lain.
- Bersikap positif terhadap seluruh budaya yang ada.
Oke...sampai disini dulu yang sobat penjelasa admin mengenai Jenis Keragaman Budaya di negara kita. semoga dapat menambah wawasan kita tentang indonesia yang kita cintai.salam clikilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar